27 Ide Kamar Tidur Minimalis dan Perabot Pelengkapnya

https://www.sinarmebel.com/product-category/kamar-tidur/

Kamar tidur merupakan ranah pribadi, di mana orang lain tak boleh sembarangan memasukinya.

Selain menyajikan privasi penuh, atmosfernya harus bisa menghasilkan kenyamanan yang maksimal. Maka dari itu Anda perlu lebih cermat dalam melakukan penataan ruang kamar tidur.

Tak mesti mewah, ruangan dengan interior sederhana, tetapi fungsional dapat menjadi opsi yang tepat bagi Anda.

Itulah mengapa belakangan banyak desainer interior menerapkan tema minimalis di berbagai tipe hunian.

Sayangnya, tak mudah untuk mendesain kamar tidur sederhana bergaya minimalis. Agar tidak salah mendesain ruangan, simak beberapa poin berikut ini.

Poin Penting dalam Menata Kamar Tidur Minimalis

Setiap kamar tidur tentu saja harus memiliki ranjang sebagai fitur utama. Ukuran ranjang pada umumnya cukup besar sehingga menyulitkan Anda kala menata ulang ruangan.

Oleh karena itu, Anda dituntut memaksimalkan elemen penting berikut untuk meraih atmosfer yang diinginkan.

  • Jalur Akses

Jalur akses berarti alur mobilitas paling praktis di dalam ruangan. Jika kamar tidur Anda dilengkapi toilet, pastikan lokasinya berada sebelum ranjang dan dekat dengan lemari baju. Usahakan agar ranjang berada di sisi terjauh dari pintu, tetapi masih mendapatkan pencahayaan yang baik. 

  • Fokus Utama

Fokuskan perhatian pada satu hal, misalnya konsep cerah dengan satu titik atraktif. Berikutnya tinggal menentukan segala unsur yang mewakili konsep tersebut seperti mengecat dinding dan perabot warna putih, selanjutnya memilih ubin bermotif sebagai penyeimbang.

  • Bersih, Rapi, dan Fungsional

Pastikan setiap area di kamar tidur termanfaatkan dengan baik. Akan tetapi, jangan lupa menyisakan ruang-ruang kosong yang melegakan. Minimalis identik dengan ruangan bersih, tata letak rapi, serta penggunaan barang-barang esensial dan menyingkirkan apa saja yang tidak diperlukan.

  • Cahaya dan Sirkulasi Udara

Kamar tidur yang dilengkapi jendela akan memperoleh penerangan maksimal. Pada malam hari, sebaiknya tersedia dua jenis lampu dengan nyala terang dan redup. Rasakan tingkat kesejukan ruangan pribadi Anda. Jika terasa pengap, berarti ada yang salah dengan kualitas ventilasinya.

  • Pilihan Furnitur

Perabotan rumah mengusung desain bervariasi. Namun untuk kamar tidur minimalis, Anda akan membutuhkan perabot-perabot fungsional yang tampilannya tidak berlebihan. Ingatlah bahwa minimalis identik dengan bidang-bidang rata, mulus, dan umumnya memakai warna-warna lembut.

Kamar Tidur Minimalis

Setelah menyimak ulasan singkat di atas, tentu kini Anda mulai memahami bagaimana karakteristik kamar tidur minimalis. Selanjutnya Anda dapat mulai menentukan model furniture kamar tidur sesuai tema tersebut. Berikut beberapa contoh untuk menambah referensi Anda.

1. Ranjang Rendah

Kamar tidur pertama menggunakan ranjang platform rendah dari kayu. Headboard-nya berupa dek yang juga berbahan kayu dengan warna sama.

Dimensi ruangan yang sempit dapat disiasati dengan memasang instalasi cermin lebar pada salah satu sisi dinding.

Karena area yang terbatas, sebaiknya dekorasi ruangan dibuat simpel. Cukup memanfaatkan tanaman indoor di sudut dan lampu meja kuning yang ditempatkan di kedua sisi ranjang.

2. Ranjang Bergaya Industrial

Desain kamar tidur minimalis yang kedua mengadopsi elemen-elemen bergaya industrial.

Terlihat jelas pada permukaan panel kayu lantai, dek, dan ranjang platform yang tampak kasar, juga lampu gantung tabungnya.

Selebihnya, tetap dalam tema minimalis yang diwakili oleh penggunaan warna monokrom.

Cat dinding dan atap berwarna abu-abu, senada dengan busa bangku dek di dekat bibir jendela dan lemari pakaian.

Sentuhan hangat dan modern muncul pada bidang kosong di atas panel headboard, berupa instalasi lampu yang pendarnya membingkai dinding.  

3. Ranjang Kayu Sederhana

Ruangan pribadi ketiga memanfaatkan area loteng yang umumnya terbengkalai. Interiornya berbalut cat putih dan panel lantai kayu bercorak pudar.

Terdapat pula dek di dekat jendela yang berfungsi sebagai rak display dan penyimpanan.

Pilihan furnitur menjadi fokus utama pada kamar loteng ini. Dua unit perabot fungsional, yaitu ranjang platform dan kursi malas tipe cantilever.

Keduanya mendapatkan sentuhan kontras nan tegas lewat kain pelapis permukaan berwarna hitam legam. 

4. Kamar Tidur Berundak

Kalau sebelumnya kamar berada di loteng, kali ini konsepnya lebih unik lagi. Ruang pribadi diperkaya dengan struktur dek tinggi yang bahkan membutuhkan tangga untuk menaikinya.

Salah satu tujuannya agar memperoleh pencahayaan maksimal karena posisi ranjang jadi makin dekat ke jendela.

Kamar tidur dengan dominasi warna putih. Dipermanis lewat semburan merah muda di sejumlah titik, meliputi kursi, lampu baca, karpet, bedcover, nakas, dan lukisan dinding.

Interior minimalis dengan aksen chic tersebut merupakan desain kamar tidur remaja perempuan yang sempurna.

5. Nuansa Kamar Tidur Ala Jepang

Skandinavia saat ini memang identik dengan gaya minimalis. Namun sebenarnya, Jepang telah mengenal tradisi interior minimalis sejak berabad-abad lalu.

Bahkan tradisi masyarakat Negeri Sakura itulah yang dipercaya menginspirasi gaya modern minimalis yang tengah populer pada masa kini.

Kamar ala Jepang di atas menampilkan dominasi elemen kayu. Poin fokusnya terletak pada struktur ranjang melayang yang bersatu dengan dek dan area meja kerja.

Nuansa Jepang makin terasa dengan adanya lukisan bunga sakura yang melembutkan suasana.

6. Dipan Putih

Desain kamar tidur simple dan minimalis berikut menerapkan nuansa cerah. Ruangan seperti dibagi menjadi dua bagian, di mana ada sisi gelap dan terang.

Sisi gelap dipenuhi motif kayu, mulai dari lantai hingga dinding. Di sebelahnya terdapat sisi terang dengan warna putih yang mendominasi.

Ranjang minimalis ditempatkan pada bagian bernuansa gelap. Coraknya seputih sisi terang, menjadi kontras yang apik bagi ruangan tersebut.

Sebaliknya, motif kayu juga terlihat menonjol dan berkarakter kuat ketika diterapkan di atas warna dasar putih.

7. Kamar Tidur Serba Cokelat

Kamar modern berikut memiliki keanggunan yang sulit dikatakan. Tampilan interiornya unik karena memanfaatkan dominasi warna coklat gelap, aplikasi yang cukup jarang ditemukan.

Kombinasi tri-tone, dengan corak kayu cerah dan langit-langit putihnya.

Ruangan berkonsep minimalis, tetapi dengan sentuhan modern yang utuh. Ranjangnya platform tanpa sandaran kepala, berbingkai coklat yang sama gelapnya.

Tersedia meja kerja berstruktur unik di sudut ruangan yang sebenarnya bagian tak terpisahkan dari panel dinding.

Tempat Tidur Minimalis

Anda sudah tak sabar untuk merombak kamar tidur dan meraih desain minimalis? Sebaiknya sisihkan waktu luang mulai dari sekarang.

Sebagai inspirasi dan referensi mengenai pilihan perabot kamar tidur minimalis, Anda bisa melihat beraneka model ranjang berikut ini. 

8. Ranjang Kayu Skandinavia

Ranjang berkaki diagonal khas perabot Skandinavia. Permukaannya rata tanpa bingkai matras, memiliki papan sandaran kepala rendah yang sederhana.

Terekspos material kayu sebagai bahan utama dengan permukaan yang cerah.

9. Ranjang Bercorak Kotak

Tempat tidur minimalis dengan tekstur persegi layaknya sofa chesterfield, hanya saja tanpa pin-pin di tengah-tengah lekuknya.

Modelnya platform dengan ketinggian yang cukup untuk membuatnya tampak melayang. Pilihan semacam ini akan meringkas waktu Anda dalam mendekorasi ruangan. 

10. Ranjang Dek Putih

Selanjutnya tempat tidur minimalis yang menampilkan kesan abstrak. Pada dasarnya menempati sebuah dek dengan berbagai kombinasi struktur, yaitu tangga, dek, dan platform matras. 

11. Dipan Kayu Hitam

Tempat tidur rasa Jepang, bentuknya tidak konvensional dengan sepasang sayap presisi di kedua sisinya.

Papan kayu mengambang di atas kaki-kaki dari material yang sama. Tampilannya menyembunyikan motif kayu dengan corak gelap. Namun, justru headboard-nya memakai warna putih yang kontras.

12. Tempat Tidur Rangka Besi

Mengadopsi unsur industrial, karakter tempat tidur minimalis di atas tampil kuat lewat ciri khas rangka ekspos.

Rangka semacam ini menggunakan material logam, sentuhan akhirnya bergaya kontras hitam. Belum banyak kamar tidur yang memanfaatkan model ranjang semacam ini.

Lemari Pakaian Minimalis

Bagaimana dengan pakaian Anda? Apakah hunian Anda dilengkapi ruang ganti khusus? Kalau tidak, berarti Anda membutuhkan lemari untuk menaruh koleksi outfit.

Referensi berikut menyajikan sejumlah pilihan lemari pakaian minimalis dalam berbagai modelnya.

13. Lemari Terbuka

Hunian luas memungkinkan Anda untuk membuat ruangan ganti khusus. Cukup dengan memanfaatkan salah satu sudut tak terpakai di rumah, lalu memasang fitur-fitur penunjangnya.

Kadang kala Anda tak membutuhkan pintu atau penutup, jika sudut tersebut memang terletak di area kamar tidur.

14. Lemari Pintu Ganda

Selanjutnya adalah lemari pakaian minimalis berpintu ganda. Fasadnya cerah luar dalam dengan aksen-aksen krom muncul dari gagang pintu dan stik gantungan logam.

Lemari tersebut juga memiliki banyak fitur, mulai dari rak, gantungan, sampai laci penyimpanan benda berharga. 

15. Kompartemen Terbuka

Lemari pakaian di kamar tidur berikut juga berkonsep terbuka. Namun kali ini berupa rak dengan banyak kompartemen dalam berbagai ukuran.

Ini membuat metode penyimpanan lebih teratur, karena jenis pakaian dapat disesuaikan dengan ukuran rak yang tersedia.

16. Lemari Minimalis yang Tersembunyi

https://pic.to8to.com/case/1401/15/20140115_6bebaa7fce5d65a6d455tx86ys2upbr0.jpg

Dinding berceruk dapat dimanfaatkan sebagai area penyimpanan. Metode ini cukup sering ditemukan di hunian modern bergaya minimalis.

Ceruk atau rongga dinding tersebut kemudian ditutup dengan bidang pintu sehingga lokasi penyimpanan menjadi tersembunyi.

Desain lemari pakaian minimalis pada gambar tersebut cocok untuk merepresentasikan ulasan di atas.

Rongga dinding dibagi-bagi menjadi beberapa kompartemen sesuai kebutuhan penyimpanan. Penutupnya dibuat seminimalis mungkin, berupa panel pintu geser warna putih yang sederhana.

17. Lemari Kayu Komplet dengan Laci

Penampakan bagian dalam lemari pakaian berikut mencerminkan konsep minimalis yang sebenarnya.

Terdapat sedikit kompartemen untuk menampung jumlah koleksi fashion esensial saja. Namun, area penyimpanannya tergolong lengkap karena memiliki laci, rak, serta tiang gantungan.

Pada dasarnya minimalis bukan hanya tentang tampilan interior, tetapi juga aplikasinya dalam kehidupan.

Lemari pakaian minimalis belum tentu esensial, jika di dalamnya memuat hal-hal yang kompleks dan berlebihan. 

Meja Rias Minimalis

Kami juga telah menyiapkan sejumlah referensi furnitur kamar tidur, khusus bagi Anda yang membutuhkan persiapan lebih sebelum beraktivitas.

Apakah jenis perabotan kamar yang dimaksud? Lihat dan cermati pembahasan singkat berikut.

18. Meja Rias Putih

Furnitur yang dimaksud adalah meja rias minimalis untuk ditempatkan di kamar tidur. Salah satu contohnya pada gambar berikut, desainnya mirip dengan meja kopi ruang tamu ala Skandinavia.

Bagian permukaan berupa boks yang memiliki laci dan kompartemen rahasia, dengan kaki penyangga diagonal.

Meja rias tersebut cukup praktis untuk menyimpan berbagai koleksi makeup, tanpa mengganggu kebersihan dan kerapian kamar minimalis.

 Tampilannya pun vintage, lewat paduan warna putih dan motif alami dari kayu oak.

19. Cermin Meja Lipat

Permukaan bermotif kayu meningkatkan kehangatan ruangan secara otomatis.

Pilihan meja rias berikut dapat Anda masukkan dalam daftar referensi karena desainnya yang menarik perhatian.

Terdapat panel yang bisa dibuka tutup untuk menyembunyikan cermin berikut pernak pernik tata rias Anda. 

20. Meja Mengambang

Masih dengan kehangatan yang serupa, meja rias minimalis selanjutnya berupa laci ambalan dinding.

Metode instalasi semacam ini akan menghemat ruang, ketinggiannya pun dapat diatur sesuai kebutuhan. Anda dapat memasang cermin di atasnya untuk memastikan penampilan telah sempurna.

21. Meja dengan Kaki Diagonal

Referensi meja rias dengan fitur lebih lengkap terlihat pada gambar di atas. Desainnya masih berciri khas Skandinavia, lagi-lagi juga mengekspos warna putih dan motif kayu, serta kaki-kaki diagonal.

Fitur tambahannya berupa rak terbuka yang disusun di atas meja, berikut kaca cermin bundarnya. 

22. Meja Rias dan Nakas

Kombinasi gaya minimalis dan modern hampir selalu menghasilkan nuansa cukup unik.

Kalau Anda mengingat ranjang abstrak yang sempat disinggung sebelumnya, konsep tersebut muncul kembali dalam bentuk perabot meja rias minimalis.

Furnitur kamar tidur favorit kaum hawa ini hadir dalam bentuk susunan blok rapi. Bentuknya tidak simetris, dengan sebuah rongga yang cukup untuk menempatkan bangku.

Tampil dalam corak putih bersih, penyamarannya baru akan terbongkar oleh koleksi makeup yang Anda taruh di atasnya.

Nakas Minimalis

Bagi Anda yang belum familiar, nakas adalah meja kecil di kamar tidur. Nakas biasanya ditempatkan di sisi ranjang, sejajar dengan sandaran kepala.

Tinggi nakas umumnya sama dengan ranjang, tetapi dimensinya kecil, maksimal sepanjang kira-kira 50cm saja. 

Desain nakas banyak macamnya, ada yang berupa meja konvensional berkaki tiang, ada pula yang dilengkapi ruang penyimpanan.

Dalam aplikasinya, nakas berfungsi untuk menaruh benda-benda paling dekat dengan kita seperti lampu meja, buku, atau gawai pribadi. Berikut referensi nakas buat Anda.   

23. Nakas Mini

Nakas yang pertama berupa meja melayang dilengkapi laci. Bahan pembuatannya dari kayu walnut solid yang diberi sentuhan akhir coklat kusam.

Desainnya terinspirasi meja buffet khas Eropa dari abad pertengahan, hanya saja kemudian diberi sentuhan minimalis untuk menyesuaikan dengan tema.  

24. Nakas Konvensional

Nakas minimalis kedua merupakan meja konvensional setinggi ranjang dengan empat kaki dan sebidang penampang di bawah yang bisa berfungsi sebagai rak.

Desainnya seperti meja makan di rumah pedesaan, hanya lebih kecil dan pendek. 

25. Blok Putih yang Unik

Selanjutnya ada meja nakas berbentuk blok bertingkat.

Semacam dua buah balok yang tersusun rapi dengan sedikit celah penyangga di tengah-tengah dan alasnya.

26. Meja Bulat dengan Kaki Metal

Perabot bergaya industrial, dengan table-top bundar dan kaki-kaki logam. Kalau biasanya kaki meja diwarna hitam, kali ini menggunakan hijau tosca yang terkesan lebih lembut.

Nakas minimalis yang satu ini akan pas mengisi sayap tempat tidur Anda. 

27. Meja Sisip



Sejatinya bukanlah sebuah meja nakas, tetapi penampang persegi tambahan yang bisa dipasang pada bingkai ranjang.

Ini dapat menjadi opsi murah meriah yang fungsional. Perkakas kamar tidur tambahan ini cukup untuk menempatkan berbagai gawai dan buku pengantar tidur.

Item Dekoratif Tambahan untuk Kamar Tidur

Sekali lagi, sebuah kamar tidur harus dapat memberikan kenyamanan bagi penghuninya.

Deretan perabot di atas memang esensial, tetapi sebagian akan merasa bahwa itu belum cukup memadai.

Masih ada beberapa jenis item lain yang akan meningkatkan kenyamanan kamar tidur.

Ruang pribadi yang nyaman akan membuat Anda betah. Maka dari itu, tambahkan beberapa perabot komplementer agar kamar tidur Anda lebih fungsional.

Perabotan berikut ini juga dapat Anda gunakan sebagai penunjang estetika desain interior yang didambakan.

Penerangan

Penerangan terbaik berasal dari cahaya alami yang masuk melalui jendela.

Namun mustahil berharap sinar matahari muncul pada malam hari sehingga Anda akan membutuhkan dukungan dari instalasi cahaya buatan yang memadai.

Untuk itulah, kamar tidur sebaiknya menggunakan dua sistem penerangan buatan.

Pertama, lampu dengan daya cukup besar yang mampu mengekspos seluruh sudut ruangan. Kedua, lampu pengantar tidur yang bercahaya hangat dan membuat nyaman.

Kursi Kamar Tidur

Kursi nyaman atau sofa untuk maksimal dua orang cocok ditempatkan di dekat jendela kamar tidur.

Ini dapat berfungsi sebagai tempat berkontemplasi, menyelesaikan pekerjaan sebelum beranjak menaiki ranjang, atau mempersiapkan tugas-tugas sebelum berangkat beraktivitas.

Bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan jinak dan bersih, kursi tersebut dapat menjadi ranjang pribadi buatnya.

Sebaiknya hindari mengizinkan hewan peliharaan terlalu sering naik ke tempat tidur karena lama-lama kotoran bawaan hewan akan menambah pekerjaan Anda.  

Meja Kerja

Bagi mereka yang melakukan aktivitas profesional di rumah dan tidak memiliki ruang kerja tersendiri, ada baiknya menempatkan meja kerja di kamar.

Akan tetapi, pastikan Anda menaruh batas-batas konsisten antara pekerjaan dan waktu istirahat. Jika tidak, itu hanya akan menjadi bencana.

Tanggung jawab profesional sebaiknya tidak dibawa sampai menjelang tidur.  Anda butuh waktu memulihkan diri usai beraktivitas sehari-hari.

Beban pekerjaan yang terlalu berat bisa saja mengganggu istirahat Anda. Untuk itulah Anda perlu memisahkan dengan tegas dua aktivitas tersebut.

Tirai

Beristirahatlah tanpa gangguan. Kunci pintu rapat-rapat, matikan semua lampu di langit-langit, dan tutup jendela kamar dengan tirai yang mampu menghalangi terik matahari.

Anda akan membutuhkannya setelah melalui aktivitas berat di minggu yang padat.

Selain berfungsi sebagai penghalang sinar matahari, pilihan motif tirai yang tepat juga akan memberi nuansa berbeda pada kamar tidur.

Pastikan Anda menentukan corak paling pas buat meningkatkan estetika kamar minimalis di rumah.

Jam Meja atau di Dinding

Boleh jadi Anda sekarang tidak lagi membutuhkan jam dinding atau alarm di meja, karena gawai digital telah menyediakan semua fitur tersebut.

Namun, ada kalanya Anda lupa menancapkan pengisi daya, sehingga tidak mengetahui bangun jam berapa. Menjengkelkan, bukan?

Maka dari itu, pertimbangkan untuk memasang jam dinding konvensional, atau jam alarm vintage yang masih bisa dengan mudah ditemukan di toko perkakas rumah terdekat.

Baterainya relatif lebih awet, sanggup menggantikan fitur penunjuk waktu di layar ponsel Anda.

Hiasan Dinding

Mengapa ruangan membutuhkan hiasan dinding atau karya seni? Tanpa adanya hiasan dinding, mungkin Anda sudah bisa memperoleh nuansa kamar tidur fungsional.

Namun, dengan dekorasi tambahan tersebut, ruangan fungsional akan makin menakjubkan. 

Hiasan dinding merupakan sentuhan akhir untuk mempermanis atmosfer ruangan, juga dapat menonjolkan karakteristik si pemilik rumah.

Pilihan karya seni yang tepat pasti akan mengubah titik fokus ruangan, serta mengisyaratkan bahwa hunian tersebut sudah ditata dengan tuntas.

Nuansa Hijau

Nuansa hijau di sini berarti penempatan vegetasi hidup di kamar tidur yang tidak mengganggu.

Sejumlah studi menunjukkan bahwa tanaman indoor memberikan manfaat relaksasi. Penghuni rumah dapat merasa santai ketika melihat unsur hijau alami tepat di depannya.

Pilihlah satu atau dua tanaman kecil menyegarkan seperti bunga herbras yang tidak mengganggu pernapasan.

Itulah pembahasan mengenai kamar tidur bertema minimalis, lengkap dengan rekomendasi perabot esensial dan komplementer di dalamnya.

Semoga artikel ini bermanfaat, terutama bagi Anda yang berencana membangun rumah atau melakukan renovasi kamar tidur

Sumber:
http://www.home-designing.com/serenely-minimalist-bedroom-design-photos-ideas
http://www.home-designing.com/serene-white-modern-bedroom-interior-designs
https://livingonthecheap.com/how-to-start-a-minimalist-wardrobe/
https://www.simplyfiercely.com/minimalist-wardrobe-tips/
https://www.made.com/inspiration/how-to-create-the-ultimate-minimalist-look-in-your-home
https://www.houzz.com/magazine/7-tips-for-designing-your-bedroom-stsetivw-vs~18311359
https://www.shelterness.com/minimalist-closet-design-ideas/#:~:text=Minimalist%20style%20is%20all%20about,scheme%20will%20visually%20extend%20them
https://www.dekoruma.com/artikel/79581/nakas-minimalis-bikin-betah-malas-malasan
https://www.macey.store/blogs/news/top-10-essential-bedroom-furniture
https://fella.com.my/8-furniture-everyone-should-have-in-a-bedroom
https://architecturebeast.com/20-small-bedroom-ideas-that-will-leave-you-speechless/

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Main Menu